Rabu, 08 Januari 2020

ENZIM

A. PENGERTIAN ENZIM
Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme.
Gambar Lintasan Metabolisme Utama
Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi lebih rendah, sehingga percepatan reaksi kimia terjadi karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama. Sebagai contoh:

X + C → XC (1)
Y + XC → XYC (2)
XYC → CZ (3)
CZ → C + Z (4)

Meskipun senyawa katalis dapat berubah pada reaksi awal, pada reaksi akhir molekul katalis akan kembali ke bentuk semula.
Sebagian besar enzim bekerja secara khas, yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia. Hal ini disebabkan perbedaan struktur kimia tiap enzim yang bersifat tetap. Sebagai contoh, enzim α-amilase hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa.
Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adalah substratsuhukeasamankofaktor dan inhibitor. Tiap enzim memerlukan suhu dan pH (tingkat keasaman) optimum yang berbeda-beda karena enzim adalah protein, yang dapat mengalami perubahan bentuk jika suhu dan keasaman berubah. Di luar suhu atau pH yang sesuai, enzim tidak dapat bekerja secara optimal atau strukturnya akan mengalami kerusakan. Hal ini akan menyebabkan enzim kehilangan fungsinya sama sekali. Kerja enzim juga dipengaruhi oleh molekul lain. Inhibitor adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim, sedangkan aktivator adalah yang meningkatkan aktivitas enzim. Banyak obat dan racun adalah inihibitor enzim.

B. FUNGSI ENZIM

Fungsi – Fungsi Enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi. Di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk  memperlancar suatu proses pencernaan.

Yang di mulai dari :

1. Mulut

Enzim Amilase,  terdapat di dalam saliva atau air ludah, dihasilkan oleh kelenjar parotis atau kelenjar ludah dan pankreas. Fungsinya untuk mengubah amilum menjadi maltosa yaitu molekul yang lebih sederhana.
Contoh: apabila kita makan nasi dan mengunyahnya selama 3 menit atau lebih, maka kita akan merasakan sebuah rasa yang manis. Rasa manis itu muncul di karenakan adanya sebuah efek dari enzim amilase tersebut.

2. Lambung

  • Enzim Renin yaitu: enzim ini terdapat didalam lambung, kerjanya dibantu oleh HCl (asam) lambung. Enzim ini memiliki sebuah fungsi sebagai pengubah kaseinogen menjadi kasein.
  • Enzim Pepsin yaitu: enzim ini terdapat didalam lambung, kerjanya dibantu oleh HCl (asam) lambung. Enzim ini memiliki fungsi sebagai pengubah protein menjadi pepton, proteosa dan polipeptida.
  • Enzim Lipase yaitu: enzim ini berfungsi sebagai pengubah trigliserida menjadi asam lemak
3. Usus Halus
  • Enzim Laktase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa
  • Enzim Maltase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah maltosa (hasil dari kerja Amilase disaliva) menjadi glukosa
  • Enzim Lipase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak
  • Enzim Enterokinase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah tripsinogen menjadi tripsin
  • Enzim Peptidase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah polipeptida (hasil dari kerja Tripsin dipankreas) menjadi asam amino (protein yang diserap kedalam darah)
  • Enzim Sukrase, Enzim ini memiliki fungsi mengubah sukrosa (diperoleh dari konsumsi buah-buahan seperti tebu dll) menjadi fruktosa dan glukosa

4. Pankreas

  • Enzim Tripsin, enzim ini mempunyai fungsi mengubah protein menjadi polipeptida
  • Enzim Lipase, enzim ini mempunyai fungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (agar dapat dicerna)
  • Enzim Amilase, enzim ini mempunyai fungsi mengubah amilum menjadi maltosa atau disakarida
  • Enzim Karbohidrase, enzim ini mempunyai fungsi mencerna amilum menjadi maltosa

C. SIFAT ENZIM
  • Enzim hanya disintesis oleh sebuah sel dan juga di dalam sel
  • Enzim ini memiliki tempat khusus di dalam sel, misalnya enzim pada siklus Krebs terletak didalam matriks ekstraseluler, sedangkan enzim pada proses glikolisis terletak pada sebuah sitoplasma sel
  • Enzim hanya akan di produksi atau di sintesis apabila sel memiliki sebuah gen untuk enzim tersebut
  • Suhu enzim ialah sama dengan sel, kecepatan laju reaksi yang dikatalisis oleh enzim meningkat seiring dengan peningkatan suhu. Pada suhu yang terlalu tinggi enzim akan mengalami sebuah denaturasi. Sedangkan pada suhu 0 derajat celsius, enzim menjadi tidak aktif lagi.
  • Tingkat keasaman enzim di lingkungan sekitarnya ialah netral (tidak asam maupun basa). Pada saat pH terlalu asam maupun terlalu basa, enzim akan menjadi kurang aktif.
  • Semakin tinggi konsentrasi enzim, maka reaksi akan berubah meningkat hingga batas-batas tertentu
  • Kecepatan laju reaksi akan meningkat apabila konsentrasi subtrat meningkat pula
  • Enzim sangat spesifik akan ikatannya terhadap sebuah molekul
  • Enzim tidak akan mengubah suatu tetapan proses reaksi, akan tetapi hanya mempercepat tercapainya tetapan tersebut
  • Enzim dapat mempercepat proses laju sebuah reaksi 107– 1013 kali
  • Enzim memiliki sifat biokatalisator. Katalis yaitu kemampuan untuk memindahkan atau membawa suatu senyawa / molekul ke dalam keadaan yang lain
D. MACAM MACAM ENZIM
  1. Berdasarkan tempat enzim bekerja

  • Endoenzim (enzim intraseluler)        = merupakan sebuah enzim yang kerjanya di dalam sel
  • Eksoenzim (enzim ekstraseluler)      = merupakan sebuah enzim yang kerjanya di luar sel
  1. Berdasarkan cara terbentuknya, yaitu :
  • Enzim konstitutif adalah sebuah  enzim yang jumlahnya dipengaruhi oleh kadar molekul awalnya (substrat). Contohnya adalah enzim amilase yang terdapat pada saliva.
  • Enzim adaptif adalah sebuah enzim yang pembentukannya distimulasi oleh adanya substrat, misalnya enzim β-galaktosidase yang dihasilkan oleh bakteri E.coli yang ditumbuhkan di dalam medium yang mengandung laktosa
  1. Berdasarkan proses metabolismenya, yaitu :
  • Enzim katalase adalah sebuah enzim yang bersifat antioksidan pada makhluk hidup akibat fungsinya yang membantu mengubah hidrogen peroksida (H2O2) yang berasal dari respirasi (pernafasan) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). Hal ini dilakukan oleh tubuh melalui sebuah enzim katalase karena H2O2 bahaya bagi tubuh karena mudah bereaksi (oksidator kuat) dan bersifat korosif.
  • Enzim oksidase adalah sebuah enzim yang fungsinya untuk mempercepat penggabungan ikatan oksigen (O2) pada substrat tertentu yang spesifik dengan mengkatalisis transfer elektron, dan pada waktu yang bersamaan, oksigen tersebut juga direduksikan menjadi air (H2O)
  • Enzim karbosilase adalah sebuah enzim yang fungsinya untuk mengubah asam organik dengan cara bolak balik. Seperti enzim karbosilase piruvat yang mengkatalisis proses karboksilasi asam piruvat menjadi oksaloasetat. Pada keadaan kekurangan oksigen pada tubuh tersebut, asam piruvat dipecah secara anaerob menghasilkan asam laktat pada manusia dan hewan, menjadi etanol pada tumbuhan. Penumpukan asam laktat ini akan menyebabkan terjadinya berupa keletihan atau kelelahan yang bermakna pada seseorang.
  • Enzim hidrase adalah sebuah enzim yang fungsinya untuk menambah atau mengurangi air (H2O) dari senyawa spesifik tertentu, dengan tidak menyebabkan terurainya senyawa tersebut. Contohnya yaitu: enzim hidrase seperti akonitase, enolase, dan fumarase
  • Enzim dehidrogenase adalah sebuah enzim yang fungsinya memindahkan hidrogen dari suata molekul/zat ke zat lainnya. Dengan begitu, enzim ini dapat membantu untuk melangsungkan proses oksidasi didalam sel-sel hidup.
  • Enzim desmolase adalah sebuah enzim oksidase dan reduktase yang fungsinya membantu penggabungan atau pemindahan ikatan karbon, dan pemutusan ikatan-ikatan C-C, C-N. Seperti enzim aldolase yang diubah dalam bentuk pemecahan fruktosa menjadi gliseraldehid dan dehidroksiaseton.
  • Enzim transphoforilase adalah sebuah enzim yang fungsinya memindahkan H3PO4 dari suatu molekul/zat ke molekul lainnya dibantu oleh ion magnesium (Mg2+).
  • Enzim peroksida adalah sebuah enzim oksireduktase yang terdiri atas protein heme yang terdapat pada organisme prokariotik dan eukariotik. Fungsinya mengkatalisis proses oksidase substrat organik dengan H2O2, dan mereduksinya menjadi H2O.
  1. Berdasarkan proses reaksi
Karbohidrase
Enzim karbohidrase yaitu enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan karbohidrat. Enzim ini terutama terdapat pada disaliva (air ludah) dan usus halus.
Contoh dari enzim ini yaitu: enzim selulose, amilase, pektinase, maltose, sukrose, laktose. (fungsi nya sudah dibahas diatas)

Protease

Enzim protease ini umumnya disebut juga dengan proteinase, proteolitik atau peptidase. Yaitu merupakan enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan rantai protein didalam tubuh, sehingga protein yang masuk melalui makanan dapat menjadi molekul yang lebih sederhana diserap kedalam pembuluh darah dan dibawa ke sirkulasi menuju seluruh tubuh. Enzim protease ini terutama terdapat pada lambung dan di usus halus.
Contoh dari enzim ini yaitu: enzim pepsin, renin, tripsin, enterokinase, peptidase, dan gelatinase.

Esterase

Enzim esterase ialah sebuah enzim yang fungsinya mengkatalisis pemecahan rantai ester, terutama yang ditemukan di dalam asam nukleat dan juga lipid (lemak).
Contoh dari enzim esterase yaitu: enzim lipase, dan fosfatase.

29 komentar:

  1. Nah jadi enzim itu sendiri yaitu molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel tubuh dan bekerja sebagai kata isator dalam berbagai proses kimia didalam tubuh manusia ,fungsi enzim itu sendiri sangat penting bagi tubuh diantaranya pada mulut yang terdapat enzim amilase atau air ludah yang dapat mengubah karbohidrat jadi glukosa ,pada lambung terdapat enzim Renin yang mengubah kesinogenan menjadi kasein tipase mengubah asam lemak ,dalam usus halus terdapat beberapa enzim yang berfungsi penting bagi tubuh kita karena disana proses penyerapan sari sari makanan ,prankeas juga terdapat enzim yang mengubah protein menjadi poli pepitida yang mana sangat penting bagi kesehatan tubuh enzim itu sendiri memiliki sifat dan tempat khusus dalam tubuh kita karena enzim dapat memproduksi dan mengubah seperti karbohidrat menjadi glukosa dan sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita,enzim itu bekerja sesuai tempat dan fungsinya .enzim dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh molekul substrat contohnya pada enzim amilase yang terdapat pada salifa ,enzim dapat bereaksi ketika terdapat disalifa atau air ludah karena ada makanan yang dicerna dalam mulut. sekian trmksih :v........ (Wina w ,XF1)

    BalasHapus
  2. Kalau menurut saya Enzim itu,adalah molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel tubuh dan bekerja sebagai isator dalam berbagai proses kimia didalam tubuh mahkluk hidup,fungsi enzim itu sendiri sangat penting bagi tubuh diantaranya pada mulut yang terdapat enzim amilase atau air ludah yang dapat mengubah karbohidrat jadi glukosa yang berfungsi sebagai pemberi tenaga atau energi bagi tubuh,pada lambung juga terdapat enzim Renin yang mengubah kesinogenan menjadi kasein,dan tipase mengubah asam lemak ,dalam usus halus terdapat beberapa enzim yang berfungsi penting bagi tubuh kita karena disana proses penyerapan sari sari makanan ,prankeas juga terdapat enzim yang mengubah protein menjadi poli pepitida yang mana sangat penting bagi kesehatan tubuh enzim itu sendiri memiliki sifat dan tempat khusus dalam tubuh kita karena enzim dapat memproduksi dan mengubah makanan menjadi glukosa dan yang lainnya yang di butuhkan oleh tubuh dan sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita,enzim itu bekerja sesuai tempat dan fungsinya .enzim dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh molekul substrat contohnya pada enzim amilase yang terdapat pada salifa ,enzim dapat bereaksi atau bekerja sesuai fungsinya ketika bertemu atau makanan tersebut masuk pada Enzim tersebut,contohnya makanan masuk dalam mulit dan di cerna menjadi glukosa oleh enzim amilase.



    ONDI SAPUTRA
    X F1

    BalasHapus
  3. Asalamulaikum wr.wb
    Pak ini saya Hilda maharani kelas 10 F1
    A.pengertian Enzim
    Enzim adalah biomolekul berupa enjim protein yang berfungsi sebagai katalis. Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat.Setiap jenis enjim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia.
    B.Fungsi Enzim
    Fungsi - fungsi enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi di dalam tubuh manusia enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses percenaan.
    1. Mulut
    -Enzim amilase, terdapat di dalam saluva atau air ludah.Contohnya :
    Apabila kita makan nasi, rasa manis itu muncul di karenakan adanyaa sebuah efek dari enzim amilase tersebut.
    2.lambung
    -Enzim renin terdapat dalan lambung
    3.Usus halus
    -Enzim maltase, mengubah maltosa (hasil dari kerja amilase di saliva)
    4.pankreas
    -Enzim Tripsin
    -Enzim lipase
    C. Sifat enzim
    Enzim hanya ajan di produksi atau di sintesis apabila sel memiliki sebuah gen untuk enzim tersebut.
    D.Macam-macam enzim
    1. Berdasarkan tempat enzim bekerja
    -Endoenzik (intraseluler)
    -Eksoenzim (Enzim ekstraseluler)
    2.Berdasarkan cara terbentuknya
    -Enzim konstitutif
    -Enzim Adaptif
    3. Berdasarkan proses metabolismenya
    -Enzim katalase
    -Enzim oksidase
    -Enzim hidrase
    4. Berdasarkan proses reaksi
    -Karbohidrase
    -Protease
    -Esterasa

    Sekian pak dari hilda maharani
    Wasalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb
      Enzim adalah biomolekul yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia. Hampir semua enzim merupakan protein. Pada reaksi yang dikatalisasi oleh enzim, molekul awal reaksi disebut sebagai substrat, dan enzim mengubah molekul tersebut menjadi molekul-molekul yang berbeda, disebut produk. Hampir semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat.
      Nopia pitriani XF1

      Hapus
  4. Nah jadi enzim itu sendiri yaitu molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel tubuh dan bekerja sebagai kata isator dalam berbagai proses kimia didalam tubuh manusia ,fungsi enzim itu sendiri sangat penting bagi tubuh diantaranya pada mulut yang terdapat enzim amilase atau air ludah yang dapat mengubah karbohidrat jadi glukosa ,pada lambung terdapat enzim Renin yang mengubah kesinogenan menjadi kasein tipase mengubah asam lemak ,dalam usus halus terdapat beberapa enzim yang berfungsi penting bagi tubuh kita karena disana proses penyerapan sari sari makanan ,prankeas juga terdapat enzim yang mengubah protein menjadi poli pepitida yang mana sangat penting bagi kesehatan tubuh enzim itu sendiri memiliki sifat dan tempat khusus dalam tubuh kita karena enzim dapat memproduksi dan mengubah seperti karbohidrat menjadi glukosa dan sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita,enzim itu bekerja sesuai tempat dan fungsinya .enzim dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh molekul substrat contohnya pada enzim amilase yang terdapat pada salifa ,enzim dapat bereaksi ketika terdapat disalifa atau air ludah karena ada makanan yang dicerna dalam mulut. sekian trmksih :v. (Melani melawati XF1)

    BalasHapus
  5. menurutsaya enzim adalah sebuah senyawa yang tersusun dari dari komponen protein dan juga katalik yang memiliki guna untuk mempercepat suatu proses metabolisme pada tubuh organisme kenapa komponen tersebut begitu penting dalam sebuah proses metabolisme ? karena akan mampu mempercepat dngan menurunkan energi aktifasi yang di butuh kan pada saat reaksi metabolisme akan di mulai.
    lalu percobaan fermentasi alkohol yang di lakukan oheh louis pasteur menjadi tongkak akats kaitannya dengan penemuan enzim enzim merupakan sebuah senyawa yang tersusun atas protein ( apoenzim) serta juga non protein ( cofactor).
    fungsi enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadiny sebuah laju reaksi. di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaan yang di mulai dari :
    1.)mulut
    2.)lambung
    3.) usus halus
    4.)pankreas
    sifat sifat enzim peranan enzim yang sangat penting dalam kelangsungan hidup organisme
    - biokatalisator
    - termolabil
    - spesifik
    - dipengaruhi Ph.

    TATANGTARMUDIN XF1

    BalasHapus
  6. Menurut saya Kata enzim berasal dari bahasa Yunani “enzyme” yang berarti “di dalam sel”. Tahun 1978, Wilhem Kuhne yang merupakan psikolog asal Jerman mendeskripsikan enzim sebagai “proses”. Kemudian, istilah enzim digunakan menjadi biokatalisator yang berfungsi untuk mempercepat reaksi biologis tanpa ikut bereaksi. Sederhananya, enzim adalah katalis yang membantu percepatan reaksi biologis.

    sifat-sifat enzim

    Enzim tersusun atas dua bagian:

    Apoenzim
    Gugus prostetik

    BalasHapus
  7. Enzim adalah protein yang dapat mempercepat reaksi metabolisme. Kerja enzim ini mirip dengan katalis, zat kimia yang mempercepat reaksi yang pada akhir reaksi akan diperoleh kembali dalam bentuk semula. Oleh karena itu, enzim disebut juga biokatalisator.

    Enzim mempercepat reaksi dengan cara menurunkan energi (energi aktivasi) yang diperlukan untuk berlangsungnya reaksi tersebut. Tanpa adanya enzim, reaksi metabolisme yang terjadi dalam tubuh akan berlangsung sangat lama.Oleh karena enzim terbuat dari protein, setiap enzim memiliki bentuk tiga dimensi yang unik. Zat yang akan dikatalis oleh enzim disebut substrat. Substrat akan berikatan dengan enzim pada daerah yang disebut sisi aktif. Zat baru yang terbentuk dari hasil katalisasi enzim disebut. Sisi aktif pada enzim hanya dapat berikatan dengan substrat tertentu. Oleh karena itu, enzim bekerja secara spesifik dan satu jenis enzim hanya akan terlibat dalam satu jenis reaksi saja. Penamaan enzim pada umumnya sesuai dengan nama substratnya dan diberi akhiran ase Kata enzim berasal bahasa Yunani “enzyme” yang berarti “di dalam sel”. Tahun 1978, Wilhem Kuhne yang merupakan psikolog asal Jerman mendeskripsikan enzim sebagai “proses”. Kemudian, istilah enzim digunakan menjadi biokatalisator yang berfungsi untuk mempercepat reaksi biologis tanpa ikut bereaksi. Sederhananya, enzim adalah katalis yang membantu percepatan reaksi biologis.Enzim tersusun atas dua bagian:

    Apoenzim
    Gugus prostetik
    Apoenzim merupakan enzim yang tersusun dari protein. Apoenzim adalah jenis yang paling mendominasi dari semua struktur enzim yang ada. Sifatnya yang labil menjadi mudah berubah apabila dipengaruhi suhu dan pH. Sementara gugus prostetik adalah enzim yang tersusun dari nonprotein. Berdasarkan bahan penyusunnya, gugus prostetik terbagi menjadi dua:

    Koenzim (tersusun dari bahan organik): Tugasnya memindahkan zat kimia dari satu enzim ke enzim lain. Contohnya FADH, NADH, Vitamin B.

    Kofaktor (tersusun dari bahan anorganik) Contoh: Klor dan kalsium yang mengoptimalkan enzim ptialin dalam menguraikan molekul gula kompleks.Enzim merupakan biokatalisator

    Seperti dalam pengertiannya, enzim bersifat biokatalisator berarti dia hanya mengubah kecepatan reaksi dengan menurunkan energi aktivasinyaSuatu enzim hanya bekerja pada substrat yang spesifik untuk membentuk produk yang spesifik juga. Dalam hal ini, kamu bisa membayangkan enzim sebagai “kunci” yang mempunyai bentuk khusus, sehingga hanya bisa membuka satu “gembok” saja. Contoh: Enzim amilase yang hanya bekerja pada substrat berupa amilum (pati)

    BalasHapus
  8. ENZIM adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi).Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cepat.Sebagian enzim bekerja secara khas yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pads satu macam senyawa.Tiap enzim memerlukan suhu dan pH.Adapula fungsi enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercapat terjadinya sebuah laju reaksi,dalam tubuh manusia juga berfungsi untuk memperlancar suatu pencernaan yang dimulai dari mulut,lambung,usus halus. Ada beberapa sifat enzim diantaranya
    1.enzim January disintesis oleh sebuah selling dan juga didalam sel.dan masih banyak Lagi. Macam macam enzim dibedakan menjadi 4
    1.Berdasarkan tempat enzim bekerja
    2.Berdasarkan Cara terbentuknya
    3.Berdasarkan proses metabolismenya dan
    4.Berdasarkan proses reaksi



    Nama:Gita Nursita
    Kelas:X Farmasi 1

    BalasHapus
  9. Enzim merupakan senyawa protein yang memiliki molekul besar. Beberapa enzim hanya terdiri dari polipeptida dan tidak mengandung gugus kimia selain residu asam amino. Namun, ada enzim lain yang memerlukan tambahan komponen untuk aktivitasnya.


    (Dini ANI xf1)

    BalasHapus
  10. Menurut saya enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.dan enzim juga bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa.Fungsi Enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi. Di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaan.yang di mulai dari:mulut,lambung,usus halus dan pankreas.Enzim bersifat hanya disintesis oleh sebuah sel dan juga di dalam selnya.macam2 enzim yaitu:
    1.tempat enzim bekerja
    2.berdasarkan cara terbentuknya
    3.berdasarkan proses metabolismenya
    4.berdasarkan proses reaksi.
    Karbohidrase
    karbohidrase yaitu enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan karbohidrat.
    Protease
    Protease Yaitu enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan rantai protein didalam tubuh, sehingga protein yang masuk melalui makanan dapat menjadi molekul yang lebih sederhana diserap kedalam pembuluh darah dan dibawa ke sirkulasi menuju seluruh tubuh.

    Esterase
    esterase yaitu sebuah enzim yang fungsinya mengkatalisis pemecahan rantai ester, terutama yang ditemukan di dalam asam nukleat dan juga lipid (lemak).
    Nama:Wanda Zahra mu'fidah
    Kls:X Farmasi1

    BalasHapus
  11. Menurut saya enzim adalah molekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi dalam suatu reaksi kimia organik. Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediate melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan eenergi aktivitas lebih rendah, Meskipun senyawa katalis dapat berubah pada reaksi awal, pada reaksi akhir molekul katalis akan kembali ke bentuk semula.

    Sebagian besar enzim bekerja secara khas, yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia. Hal ini disebabkan perbedaan struktur kimia tiap enzim yang bersifat tetap. Sebagai contoh, enzim α-amilase hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa.

    Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adalah substrat, suhu, keasaman, kofaktor dan inhibitor. Tiap enzim memerlukan suhu dan pH (tingkat keasaman) optimum yang berbeda-beda karena enzim adalah protein, yang dapat mengalami perubahan bentuk jika suhu dan keasaman berubah. Di luar suhu atau pH yang sesuai, enzim tidak dapat bekerja secara optimal atau strukturnya akan mengalami kerusakan. Hal ini akan menyebabkan enzim kehilangan fungsinya sama sekali. Kerja enzim juga dipengaruhi oleh molekul lain. Inhibitor adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim, sedangkan aktivator adalah yang meningkatkan aktivitas enzim. Banyak obat dan racun adalah inihibitor enzim. Di dalam enzim tersebut terdapat fungsi fungsi enzim yang di mulai dari:
    1:mulut
    2:lambung
    3:usus halus
    4:pankreas
    (Irma rohmah XF1)

    BalasHapus
  12. jadi enzim berperan sbagai katalis dalam metabolisme makhluk hidup.dan enzim berperan juga untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi di bdalam tubuh makhluk hidup.enzim terdiri dari apoenzim dan gugus prostetik.enzim menjadi unsur yang terpenting bagi tubuh dalam berproses.umumnya enzim tak dapat bekerja tanpa adanya suatu zat non protein tambahan yang disebut kofaktor.Nanda yuliastri x-f1

    BalasHapus
  13. Menurut saya, enzim adalah protein yang mempunyai peran yang sangat penting yang berfungsi sebagai katalisator. (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi)dalam suatu reaksi kimia organik. Fungsi enzim yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi. Di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaan.
    Pada mulut terdapat enzim Amilase Fungsinya untuk mengubah amilum menjadi maltosa yaitu molekul yang lebih sederhana.
    Pada lambung terdapat enzim renin yang berfungsi sebagai pengubah kaseinogen menjadi kasein. Enzim pepsin berfungsi sebagai pengubah protein menjadi pepton, proteosa dan polipeptida. Enzim Lipase yang berfungsi sebagai pengubah trigliserida menjadi asam lemak. Di usus halus terdapat enzim laktase, enzim maltase, enzim lipase, enzim enterokinase, enzim peptidase, dan enzim sukrase. Di dalam pankreas terdapat enzim tripsin, enzim lipase, enzim amilase, dan enzim karbohidrase.
    Sifat enzimnya hanya akan di produksi atau di sintesis apabila sel memiliki sebuah gen untuk enzim tersebut.
    Nama : Muthia Fithrotul Qothbi
    X Farmasi 1

    BalasHapus
  14. jadi enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi dalam suatu reaksi kimia organik. molekul awal yang di sebut substrat akan di percepat perubahan nya menjadi molekul lain yang di sebut produk. enzim a-amilase hanya dapat di gunakan pada proses perombakan pati menjadi glukosa. kerja enzim di pengruhi oleh beberapa faktor,terutama adalah substrat,suhu,keasaman,kafaktor,dan inhibitor.inhibutor adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim,sedangkan aktivator adalah yang meningkatkan aktivitas enzim (wiwin xf1)

    BalasHapus
  15. Jadi enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis dalam suatu reaksi kimia organik.Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untunk menghasilkan senyawa.Sebagian besar enzim bekerja secara khas,bekerja pada satu macam senyawa atau reaksi kimia.Kerja enzim di pengaeuhi oleh substrat, suhu, keasaman, kofaktor dan inhibitor.Enzim berfungsi sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi.Di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaan yang berawal dari mulut berlanjut ke lambung, ke usus halus,dan pada pankreas.jenis enzim berdasarkan tempat enzim bekerja yaitu endoenjim dan eksoenzim, berdasarkan cara terbentuknya yaitu enzim konstitutif dan enzim adaptif, berdasarkan proses metabolismenya yaitu enzim katalase, enzim oksidase, enzim karbosilase, enzim hidrase, enzim dehidrogenase, enzim desmolase, enzim transphoforilase, enzim peroksida, berdasarkan proses reaksi karbohidrase, protease, esterase.

    Sonia Octavia N (x-f1)

    BalasHapus
  16. Enzim adalah sebuah biomolekul yang berupa protein dan berbentuk bulat. Enzim terdiri dari satu atau lebih rantai polipeptida. Enzim ini akan mengubah senyawa dan mempercepat proses reaksi dengan mengubah molekul awal yang dikenali dan diikat secara spesifik oleh enzim (substrat) menjadi molekul lain (produk).

    Nama: Amelia P.J
    X Farmasi 1

    BalasHapus
  17. Ade Richo Firmansyah




    A.pengertian

    enzim adalah bio molekul berupa protein yang berpu ngsi sebagain katalis(senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi)
    enzim bekerja dengan cara bereaksi dalam molekul substat untuk menghasilkan senyawa internediat melalui suatu reaksi kimia.
    B.fungsi

    yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi, enzim mempercepat suatu proses pencernaan yang dimulai dari:
    1. mulut
    2. lambung
    3. usus halus
    4. pankreas
    C.Sifat enzim

    1.Enzim hanya akan di produksi atau di sintesis apabila sel memiliki sebuah gen untuk enzim tersebut

    2.Enzim hanya disintesis oleh sebuah sel dan juga di dalam sel
    3.Semakin tinggi konsentrasi enzim, maka reaksi akan berubah meningkat hingga batas-batas tertentu
    4.Kecepatan laju reaksi akan meningkat apabila konsentrasi subtrat meningkat pula
    5.Enzim dapat mempercepat proses laju sebuah reaksi 107– 1013 kali
    E.Macam macam enzim
    1.berdasarkan tempat enzim bekerja
    2.berdasarkan cara terbentuknya
    3.berdasarkan proses metabolisme
    4.berdasarkan proses reaksi

    BalasHapus
  18. pengertian enzim;enjim adalh biomolekul berupa protein yang berpungsi sebagai katalis atau senyawa yang mempercepar proses reaksi tanpa habis bereaksi dalam suatu reaksi kimia organik.
    enzim bekerja dengan cara beraksi dengan molekul substrat untuk menghsilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan enzim aktivasi lebih rendah.
    sebagai conto;
    x+c=xc(1)
    y+xc=xyc(2)
    xyc=cz(3)
    cz=c+z(4)
    fungsi enzim
    enzim merupakan katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi.di dalam tubuh manusia enzim berpungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaa yaitu seperti;
    1.mulut
    2.lambung
    3.usus halus
    4.pankreas
    sipat enzim:
    -enzim hanya di sintesis oleh sebuah sel dan juga di dalam sel
    -enzim memiliki tempat khusus di dalam sel
    -suhu enzim sama dengan suhu sel
    kecepatan reaksi enzim akan meningkat apabila konsentrasi substratmeningkatmacam macam enzim
    1.endoenzim
    2.eksoenzim
    berdasarkan cara terbentuknya
    1.enzim konstitutif
    2.adaktif
    IIK ZULKIFLI-XF1

    BalasHapus
  19. enzim adalah suatu protein yang berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi pemecahan dan pembentukan (metabolisme) suatu zat yang terjadi di dalam sel suatu jaringan. Katalisator adalah suatu zat yang mempengaruhi kecepatan reaksi tanpa mempengaruhi hasil akhirnya. Zat itu sendiri tidak ikut dalam reaksi sehingga bentuknya tidak berubah.


    Mira amelia XF1

    BalasHapus
  20. menurut saya enzim adalah biomolekul berupa protein berfungsi sebagai kalalis.moleul awal yg disebut substrak dan di percepat perubanannya menjadi molekul yang dosebut produk.proses biologis sel memperlukan enzim agar dapat berlangsung dgn cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme meskipun senyawa katalis dapat berubah pada aksi awal.pada reaksi akhir molekul katalis akan kembali kebentuk semula.(FITRYANI Xf1)

    BalasHapus
  21. Jadi,Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia di dalam tubuh manusia,Fungsi – Fungsi Enzim juga yaitu sebagai katalisator yang mempercepat terjadinya sebuah laju reaksi. Di dalam tubuh manusia, enzim berfungsi untuk memperlancar suatu proses pencernaan di antaranya padaEnzim Amilase, terdapat di dalam saliva atau air ludah, dihasilkan oleh kelenjar parotis atau kelenjar ludah dan pankreas. Fungsinya untuk mengubah amilum menjadi maltosa yaitu molekul yang lebih sederhana.dedeh Handayani xf1

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum wr. Wb
    Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.
    Sifat-sifat enzim
    1.protein
    2.katalis
    3.aktif
    4.spesifik
    Sekian dan terimakasih dari syarief hidayat kls X F1
    Assalamualaikum wr. Wb

    BalasHapus
  23. enzim=katalis hayati:senyawa organik yang dihasilkan oleh sel2 hidup atau substansi yang ada dalam sel dalam jumlah amat kecil dan mampu menyebabkan terjadinya perubahan2 yang berkaitan dengan proses2 selular(dan kehidupan).
    di dalam satu sel terdapat ribuan jenis enzim yang berbeda2
    2 tipe enzim:
    -enzim ekstraselualar=eksoenzi:berfungsi di luar sel dengan melakukan perubahan2 pada nutrien di sekitarnya sehingga bisa masuk sel.
    -enzim intraselular
    EDIS APRAPRILI PUTRI Xf1

    BalasHapus
  24. Jadi pengertian enzim adalah biomelekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis dan enzim juga bekerja dengan cara bereaksu dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa.
    Dan enzim juga berfungsi sebagai:
    1) mulut
    2) lambung
    3) usus halus
    4) pankreas
    Dan macam macam Enzim
    -berdasarkan tempat enzim bekerja
    . Endoenzim =
    enzim yang kerjanya di dalam sel
    . Eksoenzim=
    enzim yang bekerjanya di luar sel
    - berdasarkan cara terbentuknya:
    . Enzim konstitutif adalah enzim yang
    jumlahnya di pengaruhi oleh kadar molekul
    . Enzim adapati adalah enzim yang pembentuknya distimulasi
    Sekian dari (santi susilawati F¹)


    BalasHapus
  25. Menurut saya Kristin Dina Natalia
    Enzim biomolekum berupa protein yang berfungsi sebagai katalis atau senyawa yang mempercepat proses reaksi habis bereaksi.molekul awal yang disebut substrat akan mempercepat perubahannya menjadi molekul lain lain yang disebut produk,enzim bekerja secara bereaksi dengan molekul subrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi contohnya kimia organik yang membutuhkan energi aktivitas lebih rendah,kerja enzim di pengaruhi oleh beberapa faktor terutama adalah substrat suhu keasaman konfaktor dan inhibitor di dalam enzim ada beberapa enzim diantara lain lambung,usus halus prankreas
    Nama:Kristin Dina Natalia
    Kelas: Xfamasi1

    BalasHapus
  26. kalau menurut saya enzim adalah molekul berupa protein yg berfungsi sebagai katalis senyawa yang mempercepat prosrs reaksi kimia organik.enzim bekerja dengan cara beraksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui satu rekasi kimia organik yg membutuhkan energi aktifitas lebih rendah.enzim berfungsi sbg katalisator yg mempercepepat terjadinya sebuah laju reaksi di dlm tubuh manusia,enzim berfungsi sebagai memperlancar suatu proses pencernaan yg di mulai dari mulut,turun ke lambung,ke usus halus,pangkreas.sifat enzim hanya di sintesis sebuah sel dan juga di dalam sel,enzim sangat spesifik akan ikatan nya terhadap sebuah molekul. macam macam enzin di bagi beberapa macam. enzim berdasarkan tempat kerja; endoenzim atau enzim intra seluler adalah sebuah enzim yang kerjanya di dalam sel,eksoenzin/enzim ekstra seluler adalah sebuah enzim yng kerjanya diluar sel. enzim berdasarkan cara bentuknya; enzim konstitutif adalah sebuah enzim yang jumlahnya di pengaruhi oleh kadar molekul awal nya substrat, enzim adaptif adalah sebuah enzim yang pembentukanya di stimulasi oleh adanya substrat. enzim berdasarkan proses metabolismenya; enzim katalase, enzim idosidase,enzim karbosilaso dan enzim hidase. berdasarkan proses reaksi; karbohidrasi yaitu emzim enzim yang mengkata lisis pemecahan karbohidrat. contohnya enzim selulose,protease umumnya disebut juga denganb proteinase yaitu enzim enzim yang mengkata lisis pemecahan rantai protein didalam tubuh. contohnya enzim papsin. esterase adalah sebuh enzim yang fungsinya mengkata lisis pemecahan rantai ester. contohnya enzim lipase (lystia nur a xf1)

    BalasHapus
  27. assalamualaikum wr.wb pak nama DITA SRI HAPIATI KELAS 10 F1
    A.PENGERTIAN ENZIM
    Enzim adalah blomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis.
    Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik.
    B.FUNGSI ENZIM
    yang dimulai dari:
    1.mulut
    2.lambung
    3.usus halus
    4.pankreas
    C.SIFAT ENZIM
    .Enzim hanya disintesis oleh sebuah sel dan juga di dalam sel
    .kecepatan laju reaksi akan meningkat apabila konsentrasi substrat meningkat pula
    .Enzim sangat spesifik akan ikatanya terhadap sebuah molekul.
    D.MACAM MACAM ENZIM
    1.Berdasarkan tempat enzim bekerja
    2.Berdasarkan cara terbentuknya
    3.Berdasarkan proses metabolismenya
    4.Berdasarkan proses reaksi.
    sekian pak dari dita sri hapiati
    wasalamualikum wr.wb

    BalasHapus